Menaikkan Sales tanpa Promo / Iklan?
Cara sederhana untuk menaikkan Sales adalah dengan melakukan promo atau beriklan. Selama melakukan promosi atau beriklan dengan kaidah-kaidah yang benar, maka sales mustinya bakal naik. Karena akan banyak sekali Leads yang naik pangkat menjadi Prospect, lalu dilakukan teknik Convertion, sehingga naik pangkat lagi menjadi Buyer, maka terjadilah Sales.
Banyak sekali jenis bisnis yang tetap terjaga bahkan tumbuh salesnya adalah dengan secara sadar dan rajin melakukan promo / iklan secara rutin
Lalu pertanyaan berikutnya, adakah cara menaikkan sales tanpa melakukan promosi atau beriklan?
Tentu saja ada, bahkan teramat banyak, salah satunya adalah menggunakan teknik ReCall.
Semestinya semua Buyer (orang yang pernah membeli produk atau jasa), akan kembali melakukan pembelian [repeat order], sehingga tingkatannya naik dari Buyer menjadi Customer.
Tetapi kenyataan di lapangan berbeda,tidak semua Buyer akan melakukan pembelian lagi, dengan berbagai kondisi dan alasan. Nah teknik ReCall inilah sangat cocok diterapkan.
Sederhananya teknik ReCall ini dilakukan kepada para Buyer, baik yang baru maupun yang lama, yang tidak melakukan pembelian atau transaksi dalam waktu tertentu.
Di MJT strategi recall ini sudah di lakukan pada saat-saat buyer baru 1 dan 2 orang.dengan cara mengingatkan melalui sms,wa bahkan telp, semenjak menjadi besar strategi recall pun di modifikasi dengan cara memasang kertas check sheet perbaikan.
Maka di sinilah pentingnya sebuah data base pelanggan.Maka segeralah dibuat list atau daftar siapa saja buyer yang pernah membeli, apa kondisi atau alasan yang membuat para Buyer ini tidak melakukan pembelian/ transaksi lagi.
Lagi-lagi data base pelanggan MJT sedikit demi sedikit mulai di perbaiki.yang dulunya hanya sekedar no hp dan nama di smartphone sekarang karena tuntutan bisnis yang kian besar mulai di perbaiki dengan software excel bukan hanya nama tapi alamat,hari ulang tahun sampai dengan google map.
Disinilah MJT coba ,memposisikan usaha menjadi sebuah usaha yang profesional.dengan harapan agar pelanggan terpuaskan.
Dengan melakukan ReCall kepada yang sudah membeli produk atau jasa kita, pebisnis akan tahu area improvement yg perlu dikuatkan sehingga mereka mau kembali lagi melakukan pembelian, sehingga terjadilah Sales.
Ketika strategi ReCall ini benar-benar diterapkan, Bukan hanya sales yang akan naik, pangkat para Buyer inipun naik lagi dari buyer menjadi Customer, sehingga jumlah Customer Based juga bertambah.
Perlu di Ingat, bahwa bisnis hanya akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan Based Customernya.
Konon teknik ReCall ini sudah dipraktekan banyak pebisnis, dan sebagian besar memberikan feedback bahwa salesnya naik secara instant hingga 50%.
Menurut pengalaman saya strategi recall ini memberikan dampak yang bagus bagi MJT karena hampir 80 persen sales yang terjadi di MJT terjadi karena recall
jadi kapan bisnis anda menggunakan strategi recall ini
Silakan di praktekan....