Strategi Pemasaran

Pada saat kita membangun usaha dan bahkan mengembangkan bisnis salah satu hal terpenting yang harus kamu pikirkan dan rancang adalah strategi pemasaran.Produk atau jasa yang baik akan menjadi sia-sia jika tidak di barengi dengan strategi pemasaran yang tepat.

Jika tidak di barengi dengan strategi pemasaran yang tepat maka akan sulit menjual produk atau jasa bahkan mengembangkan bisnismu.Apalagi di jaman sekarang jumlah pesaing yang sudah semakin banyak dan ketat di berbagai bidang bisnis

Maka dari itu mengetahui strategi pemasaran sangatlah penting sehingga bisa merancang strategi pemasaran bisnismu dengan baik.

PENGERTIAN STRATEGI PEMASARAN

Banyak sekali pendapat tentang pengertian strategi pemasaran

Pada tulisan ini saya mengutif pendapat dari ahli pemasaran paul dan guiltan.Mereka berdua berpendapat bahwa strategi pemasaran adalah sebuah pola pikir yang digunakan untuk mensiasati bisnis,cara yang digunakan adalah dengan menyatukan beberapa unsur  pemasaran seperti segmentasi pasar,bauran marketing,posisi,sasaran,dan sebagainya

FUNGSI STRATEGI PEMASARAN

secara umum fungsi dari strategi pemasaran di bagi menjadi 4 point  utama diantaranya sebagai berikut.

1.Meningkatkan Inovasi Pengembangan Bisnis 

Dengan adanya strategi pemasaran kamu bisa mengetahui kebutuhan konsumen mulai dari apa yang di butuhkan konsumen dan inginkan pada saat ini hingga masa yang akan datang.

Dengan mengetahui kebutuhan konsumen maka secara tidak langsung anda bisa memunculkan inovasi-inovasi baru untuk pengembangan bisnismu,sehingga produk yang terus menerus berinovasi lebih baik kedepan akan jauh lebih di minati oleh konsumen.

Seperti yang di lakukan Mulya Jaya Teknik yang mempunyi core bisnis dalam jasa perawatan dan servie AC serta elektronik terus mengembangkan inovasi produk layanan kepada konsumen. ke sini mulya jaya mencoba untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan membuka jasa cleaning home service seperti pembersihan toren walaupun bukan barang eletronik tetapi kami mencoba berinovasi untuk membuka jasa pembersihan toren AIr (penampung air) karena ini adalah salah satu masalah yang di punyai konsumen.

2.Membuat Kordinasi Tim Lebih Efektif

Dengan adanya strategi pemasaran, Kordinasi tim yang ada di perusahaan akan lebih efektif dan terarah,berdasarkan hal tadi sebuah strategi pemasaran di butuhkan untuk mecapai  agar bisnis menjadi besar dan menggurita.

MJT juga coba menrapkan ini salah satunya memilih sumber daya manusia (SDM)  yang memang mempunyai potensi dan bakat dalam bidang tertentu perekrutan di sesuaikan dengan strategi pemasaran yang sudah di sipakan oleh MJT.

3.Merumuskan Tujuan Perusahaan

Dalam sebuah bisnis tujuan adalah hal yang sangat penting yang harus ada sehingga bisnis dapat lebih terarah dan bisa berkembang lebih maju.

Misalkan menentukan tujuan bisnis yaitu untuk mencapai target penjualan sekian persen.maka jika tujuan tersebut tercapai nilai ekonomi perusahaanmu akan menigkat dan bisnismu pasti akan berkembang

berdasarkan hal tadi sebuah strategi pemasaran di butuhkan untuk menentukan tujuan perusahaan baik itu untuk mencapai tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang.

MJT mempunyai tujuan jangka pendeknya adalah mempunyai 2000 konsumen di tahun ini dan menjadi sebuah perusahaan jasa service ac terbaik di karawang dalam jangka panjang.akhirnya saya sebagai owner bisa merusmuskan tujuan perusahaan dengan di bantu strategi pemasaran tadi.

4.Mengawasi Kegiatan Pemasaran

Untuk menentukan strategi pemasaran kedepannya kamu juga di tuntuT untuk meLakukan pengawasan apakah strategi yang kamu gunakan tersebut sudah efektif atau tidak terhadap pemasaran. Secara tidak langsung hal ini berarti strategi pemasaran juga dapat berfungsi untuk mengawasi kegaitan pemasaran misal mengawasi bagaimana kinerja setiap tim dalam mendukung perusahaan mencapai target penjualan dan sebagainya

5.Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan adalah hasil akhir yang di harapkan dari pembuatan strategi pemasaran ketika kita memasarkan suatu produk atau jasa. kita akan turut mempromosikan produk tersebut dan mengajak orang lain untuk membeli dan menggunakanya.

Tapi Mengajak orang membeli dan menggunakan produk kita tidak semudah apa yang di ucapkan di lidah. di butuhkan strategi khusus dengan mempertimbangkan banyak hal seperti siapa target pasar kita siapa kompetitor kita biar bisa menonjol baik dari fungsi atau kelebihan produk yang tepat dan bisa menjadi solusi kebutuhan konsumen.

Administrator
18 Nov 2020   381 kali
Kontak Kami