Konsep yang di jelaskan di atas bisa di terapkan pada berbagai bidang dan kebutuhan.Namun karena ini adalah website/blog bisnis maka kita akan melakukan penerapannya dalam 2 hal saja.
1.Dalam mencapai goal/impian/target
2.Melakukan penerapan di dalam bisnis terutama penjualan.
Kita bahas dulu yang pertama dalam hal mencapai sebuah goal impian atau target.yang membuat orang sangat berkomitmen dalam melakukan tindakayn-tindakan nyata adalah ketika mendapatkan WHY atau bahkan BIG WHY.
Dalam menemukan WHY (alasan besar) anda bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan pancingan,seperti :
1.Mengapa mencapai goal,impian atau target ini penting ?
2.Mengapa mencapai goal ini bermakna ?
3.Mengapa mencapai goal ini bermanfaat untuk pribadi maupun orang lain?
Jika anda sudah mendapatkan jawaban terbaik maka inilah yang di sebut dengan menemukan Alasan Besar anda (BIG WHY).
Setelah di temukan alasannya apa anda bisa berlanjut ke pertanyaan bagaimana caranya (HOW).selanjutnya adalah apa (what) yang perlu di capai sebagai goal.
Contoh kasus nyata seperti artikel-artikel yang sedang anda baca pada blog ini.
APA SECH ALASAN BESAR BIG WHY SAYA MAU MENULIS DI BLOG INI.
Mungkin alasan-alasan di bawah ini bisa mewakili BIG WHY saya.
- Dengan menulis saya bisa mewariskan kepada anak cucu saya di masa yang datang walaupun saya sudah tiada tetapi warisan ini (Tulisan) tetap ada
-Saya bisa berbagi kepada orang lain selain itu orang lain pun bisa belajar dari kesalahan-kesalahan saya selama menjalankan bisnis
-Sebagai alat komunikasi dengan konsumen MJT baik yang sudah lama atau pun baru Mengenai produk baru ataupun promo baru.
-Dengan sering menulis,maka blog atau website saya akan banyak di kunjungi.
itulah beberapa BIG WHY saya kenapa saya mau menulis pengalaman bisnis bahkan pribadi di blog ini.
Selanjutnya rumus WHY+HOW+WHAT bisa juga diterapkan pada bisnis salah satunya melakukan kegiatan penjualan (Selling).Hal yang terpenting dalam melakukan penjualan bukan tentang apa yang di jual tetapi lebih pada Mengapa pelanggan perlu membeli produk atau jasa kita.
Apakah pelanggan membeli produk atau jasa kita karena mereka ingin menghindari pain selama ini mereka alami.Ataukah karena mereka ingin mendapatkan gain yang selama ini di idam-idamkan melalui nilai unik pada produk atau jasa kita.
Setelah pelanggan tahu akan alasan-alasan terkuat yang di sebut BIG WHY maka proses penjualan (selling) menjadi lebih mudah dan menyenangkan.Setelah itu baru di lanjutkan dengan HOW dan kemudian barulah di sempurnakan dengan what produk atau jasa kita.
MJT selaku Perusahan jasa cuci AC rumahan terbaik di karawang mencoba mencari pain dari konsumen konsume sebelumnya,ternyata banyak konsumen ac kecewa terhadap pelayana yang di berikan oleh jasa cuci ac lain seperti tidak menedukasi konsumen,trust kepercayaan yang tidak di kedepankan,kecerobohan dan masih banyak lagi.
dari masaalh tersebut kahirnya sang owner MJT mencoba menarik peluang trsebut.Dengan alasan BIG WHY yang sudahmelkeat.akhirnya saya memberanikan diir dan menanyakan dalam diir
Kenapa konsumen harus menggunaan jasa saya?
1.MJT selalu mengedepankan edukasi atau penjelasan tehadap konsumen terhadap masalah yang di hadapi.
2.Melakukan perbaikan jasa dengan cara jujur
3.Melakukan proses perbaikan dengan profesional
4.Menjadikan pandangan konsumen terkesima salah satunya dengan berseragam
Inilah alasan besar saya sebagai owner MJT Kenapa Konsumen harus menggunakan saya.Maka dengan metode tadi dan juga berkat Allah SWT yang memuluskan jalannya bisnis ini penjualan MJT pun begitu mudah dan mengalir deras bahkan sempat tidak bisa terlayani.
Jadi apakah anda menginginkan pencapaian goal lebih mudah?
ataukah menginginkan proses penjualan yang menyenangkan ?
Maka tentukan dulu WHY sebelum WHAT....